Sabtu, 24 Oktober 2015

Toko sembako



Pendahuluan 

                Toko sembako 


Teori 

Utilitarianisme Adalah suatu idea atau faham dalam falsafah moral yang menekankan prinsip manfaat atau kegunaan dalam menilai suatu tindakan sebagai prinsip moral yang paling dasar. Teori Utilitarian mengatakan bahwa suatu kegiatan bisnis adalah baik dilakukan jika bisa memberikan manfaat kepada sebagian besar konsumen atau masyarakat.
Menurut faham Utilitarianisme bisnis adalah etis, apabila kegiatan yang dilakukannya dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya pada konsumen dan masyarakat.Jadi kebijaksanaan atau tindakan bisnis yang baik adalah kebijakan yang menghasilkan berbagai hal yang baik, bukan sebaliknya menimbulkan kerugian.
Nilai Positif Etika Utilitarianisme
Nilai positif etika utilitarianisme adalah pada rasionalitasnya dan universalitasnya. Rasionalnya adalah kepentingan orang banyak lebih berharga daripada kepentingan individual.  Berbisnis untuk kepentingan individu dan disaat yang bersamaan mensejahterakan masyarakat luas adalah pekerjaan profesional sangat mulia.


Etika Utilitarianisme 

       Dikembangkan pertama kali oleh Jeremi Bentham (1748 -1832).
       Adalah tentang bagaimana menilai baik buruknya suatu kebijaksanaan sosial politik, ekonomi dan legal secara moral.
       Pertama, MANFAAT
       Kedua, MANFAAT TERBESAR
       Ketiga, MANFAAT TERBESAR BAGI SEBANYAK MUNGKIN ORANG

Deontologi
 Deontologi berasal dari kata Yunani “deon” yang berarti kewajiban.
Merupakan teori etika yang menyatakan bahwa yang menjadi dasar baik buruknya suatu perbuatan adalah kewajiban seseorang untuk berbuat baik kepada sesama manusia, sebagaimana keinginan diri sendiri selalu berlaku baik pada diri sendiri.

Nilai  Positif Etika Utilitarianisme

       Pertama, Rasionalitas.
       Kedua, Utilitarianisme sangat menghargai kebebasan setiap pelaku moral.
       Ketiga, Universalitas.

Kelemahan Etika Utilitarisme 

       Pertama, manfaat merupakan konsep yg begitu luas shg dalam kenyataan praktis akan menimbulkan kesulitan yg tidak sedikit
       Kedua, etika utilitarisme tidak pernah menganggap serius nilai suatu tindakan pd dirinya sendiri dan hanya memperhatikan nilai suatu tindakan sejauh berkaitan dg akibatnya.
       Ketiga, etika utilitarisme tidak pernah menganggap serius kemauan baik seseorang
       Keempat, variabel yg dinilai tidak semuanya dpt dikualifikasi.
       Kelima, seandainya ketiga kriteria dari etika utilitarisme saling bertentangan, maka akan ada kesulitan dlam menentukan proiritas di antara ketiganya
       Keenam, etika utilitarisme membenarkan hak kelompok minoritas tertentu dikorbankan demi kepentingan mayoritas 

Analisis 

Siapa yang tidak tahu dengan toko sembako ? toko yang menyediakan kebutuhan sehari-hari kita. Hampir semua kebutuhan akan makanan ada disana, termasuk beras, roti, telur, dan banyak lagi yang kita konsumsi setiap harinya. Tanpa adanya toko tersebut mungkin kita akan kesusahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari kita, maka dengan adanya toko tersebut kita sangat dibantu untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Manfaat yang dihadirkan oleh toko sembako antara lain adalah kebutuhan keseharian kita akan makanan dan lain-lain mudah di dapatkan, harga yang relative lebih murah dari pada toko-toko yang lain, pelayanan yang tatap muka/secara langsung dan masuh banyak lagi, sedangkan kerugian yang dihadirkan oleh toko ini adalah sampah, akan tetapi banyk toko yang menyediakan tempat sampah yang besar sehingga bisa menampung sampah yang mereka hasilkan.
Jadi menurut saya, lebih banyak manfaat dari pada kerugian yang dihadirkan oleh toko sembako ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar