Tugas Etika Bisnis
Pendahuluan
iklan tory cheese cracker
iklan ini menggunakan 3 orang sebagai pemerannya, 1 orang
perempuan dan 2 orang laki-laki sebagi pegulat. Dalam iklan ini memuat mereka
sedang mempromosikan tory cheese cracker dengan menggerakan kaki yang kurang
sopan untuk di lihat dan di publikasikan.
Teori
Pengertian Periklanan
Periklanan
merupakan salah satu alat yang paling umum digunakan perusahaan untuk
mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat.
Periklanan pada dasarnya adalah bagian dari kehidupan industri modern.
Kehidupan dunia modern saat ini sangat tergantung pada iklan.
Tanpa iklan
para produsen dan distributor tidak akan dapat menjual produknya, sedangkan
disisi lain para pembeli tidak akan memiliki informasi yang memadai mengenai
produk barang dan jasa yang tersedia di pasar. Apabila hal itu terjadi maka
industri dan perekonomian modern pasti akan lumpuh. Apabila sebuah perusahaan
ingin mempertahankan tingkat keuntungannya, maka ia harus melangsungkan
kegiatan periklanan secara memadai dan terus-menerus.
Menurut M.
Suyanto (2007: 143) mendefinisikan ”Periklanan adalah penggunaan media
bauran oleh penjual untuk mengkomunikasikan informasi persuasif tentang produk,
jasa atau pun organisasi dan merupakan alat promosi yang kuat”.
Peranan
periklanan dalam pemasaran suatu produk adalah untuk membangun kesadaran (awareness)
terhadap keberadaan produk yang ditawarkan, menambah pengetahuan konsumen
tentang produk yang ditawarkan, membujuk calon konsumen untuk membeli dan
menggunakan produk tersebut dan untuk membedakan diri perusahaan
satu dengan perusahaan yang lainnya.
Definisi
periklanan menurut Henry Simamora adalah sebagai berikut:
Periklanan adalah komunikasi non
pribadi melalui bermacam-macam media yang dibayar oleh sebuah perusahaan bisnis
atau organisasi nirlaba atau individu yang dalam berbagai cara teridentifikasi
dalam pesan periklanan dan berharap menginformasikan atau membujuk
anggota-anggota dari pemirsa tertentu. (Henry Simamora, 2000: 756).
Periklanan
terfokus pada media massa seperti surat kabar, televisi, radio dan papan iklan.
Periklanan menawarkan keunggulan signifikan diatas teknik promosional lainnya.
Periklanan dapat menjangkau beribu-ribu pemirsa. Meskipun orang sering kaget
saat mendengar harga iklan yang bernilai ratusan ribu rupiah per detik
tayangan, tetapi sebenarnya dapat dibayangkan berapa jumlah pemirsa yang
sanggup dijangkau lewat iklan tersebut.
Banyak
konsumen yang menaruh kadar prestis kepada media massa yang digunakan dalam
periklanan. Merupakan kenyataan sederhana bahwa sebuah produk yang di iklankan
secara nasional dapat mengukur citra produk tersebut.
Inti dari
periklanan itu sendiri merupakan suatu alat yang digunakan oleh pembeli/ penjual,
setiap orang termasuk lembaga non laba atau dengan kata lain, periklanan dapat
dipandang sebagai kegiatan pemasaran kepada suatu kelompok masyarakat baik
secara lisan maupun dengan penglihatan suatu produk, jasa atau ide.
Fungsi-fungsi Periklanan
Seiring
pertumbuhan ekonomi iklan menjadi sangat penting karena konsumen potensial akan
memperhatikan iklan dari produk yang dibelinya. Menurut Terence A. Shimp (2003),
secara umum periklanan mempunyai fungsi komunikasi yang paling penting bagi
perusahaan bisnis dan organisasi lainnya yaitu:
- Informing (memberi informasi) membuat konsumen sadar (aware) akan merek-merek baru, serta memfasilitasi penciptaan citra merek yang positif.
- Persuading (mempersuasi) iklan yang efektif akan mampu mempersuasi (membujuk) pelanggan untuk mencoba produk atau jasa yang diiklankan.
- Reminding (mengingatkan) iklan menjaga agar merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen. Periklanan yang efektif juga meningkatkan minat konsumen terhadap merek yang sudah ada dan pembelian sebuah merek yang mungkin tidak akan dipilihnya.
- Adding Value (memberikan nilai tambah) Periklanan memberikan nilai tambah pada merek dengan mempengaruhi persepsi konsumen. Periklanan yang efektif menyebabkan merek dipandang lebih elegan, bergaya, bergengsi dan lebih unggul dari tawaran pesaing.
- Assisting (mendampingi) peran utama periklanan adalah sebagai pendamping yang memfasilitasi upaya-upaya lain dari perusahaan dalam proses komunikasi pemasaran. Sebagai contoh, periklanan mungkin digunakan sebagai alat komunikasi untuk meluncurkan promosi-promosi penjualan seperti kupon-kupon dan undian. Peran penting lain dari periklanan adalah membantu perwakilan dari perusahaan.
Analisis
Gerakan dalam periklanan tory cheese cracker kurang sopan
dan tidak bagus untuk di lihat oleh anak-anak yang berusia di bawah umur, akan
tetapi promosinya tersebut bertujuan untuk menarik minat pembeli terutama di
kalangan anak-anak sampai remaja, maka dari itu haruslah para orang tua untuk
lebih memperhatikan tayangan iklan di televisian yang di tonton oleh
anak-anaknya. Agar bisa mengontrol dan menjelaskan iklan mana yang tidak bagus
untuk di lihat dan mana yang bagus untuk di lihat.
Sumber :
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar