Management koperasi
menuju kewirausahaan koperasi
Koperasi
Menurut undang-undang
no.25/1992,koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-peorangan atau
badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip koperasi
sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asa kekeluargaan (
sitio dan tumba 2001 ).
Elemen yang
termasuk keadalam koperasi menurut sitio dan tumba adalah :
a. Perkumpulan orang-orang.
b. Penggabungan orang-orang tersebut
secara sukarela.
c. Terdapat tujuan ekonomi yang ingin di
capai.
d. Koperasi yang di bentuk adalahsuatu
organisasi bisnis ( badan usaha ) yang di awasi secara demokratis.
e. Terdapat kontribusi yang adil
terhadap modal yang diberikan.
f. Anggota koperasi menerima resiko dan
manfaan secara seimbang.
Prinsip-prinsip
koperasi
Menurut undang-undang no.25 tahun 1995, prinsip koperasi
adalah sebagai berikut :
a.
Keanggotaan
bersifat sukarela dan terbuka.
b.
Pengelolaan
di lakukan secara demokratis.
c.
Pembagian
sisa usaha di lakukan secara adil,sebanding dengan jasa usaha anggota
masing-masing.
d.
Pemberian
balas jasa tidak terikat dengan modal yang di setorkan.
e.
Kemandirian.
f.
Pendidikan
koperasi.
g.
Kerjasama
antar koperasi.
Permasalahan koperasi
Permasalahannya
terdapat pada sumber daya manusianya yang kurang bisa bersaing dengan era
globalisasi ini.maka pemerintah seharusnya mengngasah lagi SDAnya agar dapat
bersaing.
Management koperasi
Kopersi harusnya di
kelola sebagai mana lembaga
bisnis.didalam bisnis dikenal dengan pengelolaan secara efisien dan efektif
yang di sebut dengan management,demikian juga dengan koperasi,haruslah
menggunakan management yang handal agar bisa mencapai tujuan utama dari
koperasi tersebut.
Prof.Ewell Paul Roy ,
mengatakan bahwa management koperasi di bagi atas 4 unsur : anggota,pengurus,manager, dan
karyawan.seorang manager harus bisa menciptakan kondisi yang mendorong para
karyawan agar mempertahankan produktifitasnya yang tinggi.karyawan merupakan
penghubung diantara management dan anggota pelanggan ( hendrojogi,1997 ).
Kewirausahaan koperasi
Mempunyai watak :
a.
Mempunyai
kepercayaan yang kuat atas diri sendiri.
b.
Berorientasi
pada tugas.
c.
Mempunyai
kemampuan mengambil resiko yang di hadapinya.
d.
Mempunyai
jiwa kepemimpinan.
e.
berjiwa
inovatif,kreatif,dan tekun.
f.
Berorientasi
ke masa depan.
Kewirausaan koperasi adalah sikap mental positif dalam
berusaha secara koperatif.yang artinya
mempunyai sikap berusaha untuk memajukan koperasi yang sedang di
pegangnya,baik itu managar,anggota,maupun karyawan.sehingga koperasi bisa
berkembang dan bisa mencapai tujuan bersama.
PELAYANAN,
MANFAAT SERTA PARTISIPASI ANGGOTA DALAM KOPERASI TEMPE TAHU INDONESIA (KOPTI)
Koperasi Produsen Tempe Tahu Indonesia (KOPTI) adalah termasuk
koperasi kewirausahaan di kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.
Kualitas pelayanan KOPTI dinilai anggota cukup, yaitu memberikan
pelayanan yang memuaskan keinginan para karyawan untuk membantu para anggota,
dan pelayanan cepat tanggap. Namun , partisipasi anggota menunjukkan kategori
rendah.
Berdasarkan hasil uji statistik, bahwa kualitas dan pelayanan
koperasi tersebut berpengaruh positif terhadap tingkat partisipasi anggota
KOPTI Tasikmalaya.
Hasil penelitian selaras juga dinyatakan oleh Ropke pada tahun
2003, “bahwa koperasi tidak menarik bagi anggota, calon anggota, dan masyarakat
lainnya, karena merasa memiliki kelebihan modal, namun sebaliknya koperasi akan
sangat menarik jika koperasi tersebut bermanfaat bagi ekonomi anggotanya. Oleh
sebab itu, pelayanan menjadi tujuan utama dalam koperasi dan kewirausahaan”.
Jika koperasi memliki kualitas pelayanan yang tinggi, maka
keuntungan yang dinikmati oleh anggota koperasi semakin besar. Jika anggota
dapat menikmati pelayanan yang besar, maka anggota akan aktif dalam
berpartisipasi, dan semakin banyak pula manfaat pelayanan yang dapat dinikmati
oleh anggota dalam koperasi kewirausahaan. Sebaliknya, jika semakin rendah
pelayanan koperasi kewirausahaan, maka semakin rendah juga partisipasi
anggotanya.
Kualitas pelayanan dan manfaat koperasi berpengaruh positif
terhadap partisipasi anggota pada KOPTI Tasikmalaya. Berarti, semakin tinggi
kualitas pelayanan dan manfaat, maka partisipasi anggotanya juga semakin
meningkat.
Nama Kelompok :
Andy Wijaya 10212867
Fatma
Ria N 12212809
Tidak ada komentar:
Posting Komentar