“menganalisis suatu produk dan bagaimana
pembeli menyikapinya”
Produk : windows 8
·
Pembeli apatis
Adalah pembeli yang tidak meminati produk
apapun
-
Cara dia menyikapinya :
Biarpun kita sudah menjelaskan secara detail,dia tidak akan membeli
produk yang kita tawarkan.
·
Pembeli aktualis
Adalah pembeli yang akan mengganti kebutuhannya
dengan produk/barang terbaru.
-
Cara dia menyikapinya :
Dia akan mengkaji ulang produk yang kita tawarkan apakah sudah memilikinya
atau belum,jika belum dia akan melihat produk tersebut apakah bermanfaat bagi
dia ketika di belinya nanti.
·
Pembeli analitis
Adalah pembili yang benar-benar teliti
dalam membeli suatu barang/produk.
-
Cara dia menyikapinya :
Dia akan mengkaji ulang produk itu sampai benar-benar teliti,apakah
bermanfaat atau tidak jika sudah di belinya nanti.
·
Pembeli penghubung
Adalah pembeli yang akan membeli
produk/barang apabila direkomendasikan oleh teman atau kerabat yang sudah
menggunakan produk tersebut.
-
Cara dia menyikapinya :
Sesudah kita tawarkan produk tersebut,awalnya dia hanya sedikit melirik
produk tersebut.bila ada teman atau kerabat yang merekomendasikan produk
tersebut,maka ia akan mulai ingin membelinya.
·
Pembeli penyetir
Adalah pembeli yang tidak basa-basi dalam
membeli produk/barang.
-
Cara dia menyikapinya :
Jika barang bagus,dan dia belum
memiliknya,maka dia akan langsung membelinya tanpa basa-basi ( banyak duit ya
).
·
Pembeli yang suka
bersosialisasi
Adalah pembeli yang baik dan mau
bersosialisasi dengan produsen.
-
Cara dia menyikapinya :
Dia akan sering bertanya dan bersosialisasi
dengan prodsen mengenai produk tersebut.tetapi ia belum tentu mau membelinya.
·
Pembeli implusif
Adalah pembeli yang tidak mau ketinggalan
jaman
-
Cara dia menyikapinya :
Dia akan melihat produk itu apakah sedang
tren di masyarakat atau kalangannya ,jika ia ,dia akan membeli produk tersebut.
·
Pembeli informatif
Adalah pembeli yang selalu menggali
informasi tentang barang/produk yang akan di belinya.
-
Cara dia menyikapinya :
Dia akan menvari informasi mengenai produk
yang kita tawarkan,jika dia menyukai poduk tersebut,maka dia akan mengkaji
ulang semua kelebihan dan kekurangan produk secara detail tanpa kecuali (
harga,dll.)sehingga dia akan mengetahui secara terperinci mengenai produk yang
kita tawarkan.
Struktur pasar merupakan
penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Dibagi kedalam beberapa bagian
yaitu:
- Pasar persaingan sempurna: Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
- Pasar persaingan tidak sempurna yang terdiri atas:
- Pasar monopoli: Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
- Pasar oligopoli: Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
- Pasar duopoli: Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
- Pasar persaingan monopolistik Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
- Pasar monopsoni Jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli.
- Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar