Senin, 10 November 2014

Individu,kepribadian dan pilihan produk alternative

TUGAS SOFTSKILL PRILAKU MONSUMEN



NAMA              : ANDY WIJAYA
NPM                 :10212867
KELAS             : 3EA02

DAFTAR ISI
PENDAHULUAN
 
INDIVIDU
KEPRIBADIAN 
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRILAKU INDIVIDU
CONTOH KASUS
KRITIK DAN SARAN
PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
 
PENDAHULUAN
            Dengan melihat definisi individu,kepribadian dan faktor-faktor yang mempengaruhinya saya berharap dapat memberikan tambahan wawasan kepada pembaca sehingga dapat menambah wawasan
 
Individu  berasal dari bahasa latin “individuum” artinya “yang tak terbagi”. Secara umum dapat dikatakan unit terkecil pembentuk masyarakat. Dalam ilmu sosial, individu berarti juga bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisahkan lagi menjadi bagian yang lebih kecil.
Kepribadian adalah karakteristik psikologis yang berada dari setiap orang yang memandang responnya terhadap lingkungan yang relatif konsisten. Kepribadian dapat merupakan suatu variabel yang sangat berguna dalam menganalisa perilaku konsumen. Bila jenis- jenis kepribadian dapat diklasifikasikan dan memiliki korelasi yang kuat antara jenis-jenis kepribadian tersebut dengan berbagai pilihan produk atau merek.Pengaruh personal atau individu Merupakan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yang berasal dari faktor pada diri si konsumen, yang diantaranya:

Usia dan tahap daur hidup
Orang akan mengubah barang dan jasa yang mereka beli sepanjang kehidupan mereka. Kebutuhan dan selera seseorang akan berubah sesuai dengan usia. Pembelian dibentuk oleh tahap daur hidup keluarga. Sehingga pemasar hendaknya memperhatikan perubahan minat pembelian yang terjadi yang berhubungan dengan daur hidup manusia.
Gaya hidup
Orang yang berasal dari subkultur, kelas sosial dan pekerjaan yang sama dapat mempunyai gaya hidup yang berbeda. Gaya hidup seseorang menunjukkan pola kehidupan orang yang bersangkutan yang tercermin dalam kegiatan, minat dan pendapatnya. Konsep gaya hidup apabila digunakan oleh pemasar secara cermat, dapat membantu untuk memahami nilai-nilai konsumen yang terus berubah dan bagaimana nilai-nilai tersebut mempengaruhi perilaku konsumen.
Kepribadian dan konsep diri
Tiap orang mempunyai kepribadian yang khas dan ini akan mempengaruhi perilaku pembeliannya. Kepribadian mengacu pada karakteristik psikologis yang unik yang menimbulkan tanggapan relatif konstan terhadap lingkungannya sendiri. Kepribadian sangat bermanfaat untuk menganalisis perilaku konsumen bagi beberapa pilihan produk atau erek, atau pemasar juga dapat menggunakan konsep diri atau citra diri seseorang. Untuk memahami perilaku konsumen, pemasar dapat melihat pada hubungan antara konsep diri dan harta milik konsumen. Konsep diri ini telah berbaur dalam tanggapan konsumen terhadap citra mereka.


Contoh kasus produk mie instans
Tanggapan saya terhadap produk tersebut :
Produk tersebut relative murah apa lagi dikalangan mahasiswa di akhir bulan,pasti tak jarang dari mereka akan mengonsumsi produk tersebut.menggigat harga makanan sekarang sedang mahal karena terjadi kenaikan-kenaikan bahan baku makanan,maka produk mie instans menjadi pilihan. Tidak hanya kalangan mahasiswa yang mengonsumsi produk tersebut,tetapi banyak kalangan lain yang suka juga,bukan karena akhir bulan atau apa,tetapi karena rasanya yang enak dan harganya relative murah ditambah penyajiannya tidak sampai 5menit sudah matang.maka produk tersebut menjadi salahsatu pilihan makanan favorit di Indonesia.


KRITIK DAN SARAN

            dengan melihat factor-faktor yang mempengaruhi pembelian suatu produk oleh konsumen/ individu,hendaknya kita harus tetap memilih yang terbaik tanpa harus memboros-boroskan uang, karena uang akan kurang jika digunakan untuk memenuhi gaya hidup.

PENUTUP

            Sekian yang bisa saya informasikan,kalau ada kata-kata yg kurang berkenang mohon di maklumi adanya,terimakasih.
 



 Sumber :