Minggu, 02 Desember 2012

menganalisis suatu produk dan bagaimana pembeli menyikapinya”




                                “menganalisis suatu produk dan bagaimana pembeli menyikapinya”
Produk : windows 8
·         Pembeli apatis
Adalah pembeli yang tidak meminati produk apapun
-          Cara dia menyikapinya :
Biarpun kita sudah menjelaskan secara detail,dia tidak akan membeli produk yang kita tawarkan.
·         Pembeli aktualis
Adalah pembeli yang akan mengganti kebutuhannya dengan produk/barang terbaru.
-          Cara dia menyikapinya :
Dia akan mengkaji ulang produk yang kita tawarkan apakah sudah memilikinya atau belum,jika belum dia akan melihat produk tersebut apakah bermanfaat bagi dia ketika di belinya nanti.
·         Pembeli analitis
Adalah pembili yang benar-benar teliti dalam membeli  suatu barang/produk.
-          Cara dia menyikapinya :
Dia akan mengkaji ulang produk itu sampai benar-benar teliti,apakah bermanfaat atau tidak jika sudah di belinya nanti.
·         Pembeli penghubung
Adalah pembeli yang akan membeli produk/barang apabila direkomendasikan oleh teman atau kerabat yang sudah menggunakan produk tersebut.
-          Cara dia menyikapinya :
Sesudah kita tawarkan produk tersebut,awalnya dia hanya sedikit melirik produk tersebut.bila ada teman atau kerabat yang merekomendasikan produk tersebut,maka ia akan mulai ingin membelinya.
·         Pembeli penyetir
Adalah pembeli yang tidak basa-basi dalam membeli produk/barang.
-          Cara dia menyikapinya :
Jika barang bagus,dan dia belum memiliknya,maka dia akan langsung membelinya tanpa basa-basi ( banyak duit ya ).
·         Pembeli yang suka bersosialisasi
Adalah pembeli yang baik dan mau bersosialisasi dengan produsen.
-          Cara dia menyikapinya :
Dia akan sering bertanya dan bersosialisasi dengan prodsen mengenai produk tersebut.tetapi ia belum tentu mau membelinya.
·         Pembeli implusif
Adalah pembeli yang tidak mau ketinggalan jaman
-          Cara dia menyikapinya :
Dia akan melihat produk itu apakah sedang tren di masyarakat atau kalangannya ,jika ia ,dia akan membeli produk tersebut.
·         Pembeli informatif
Adalah pembeli yang selalu menggali informasi tentang barang/produk yang akan di belinya.
-          Cara dia menyikapinya :
Dia akan menvari informasi mengenai produk yang kita tawarkan,jika dia menyukai poduk tersebut,maka dia akan mengkaji ulang semua kelebihan dan kekurangan produk secara detail tanpa kecuali ( harga,dll.)sehingga dia akan mengetahui secara terperinci mengenai produk yang kita tawarkan.



Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Dibagi kedalam beberapa bagian yaitu:
  • Pasar persaingan sempurna: Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
  • Pasar persaingan tidak sempurna yang terdiri atas:
    • Pasar monopoli: Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar.
    • Pasar oligopoli: Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
    • Pasar duopoli: Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
    • Pasar persaingan monopolistik Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek.
    • Pasar monopsoni Jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli.
    • Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.